Rabu, 17 Oktober 2012

Penjumlahan Otomatis di MS. EXCEL 2007

Salah satu kelebihan program pengolah angka Ms Excel adalah kemudahannya dalam melakukan penghitungan yang menggunakan angka-angka. Bahkan penghitungan yang sangat rumitpun bisa dilakukan dengan mudah dan akurat. Sebagai salah satu penghitungan dasar, penjumlahan merupakan penghitungan angka yang paling sering digunakan oleh user terutama user pemula.
Setelah data yang berupa angka-angka dimasukkan kedalam sebuah table, maka tidaklah perlu lagi menggunakan penjumlahan secara manual seperti calculator atau diterawang. Pada Ms Excel telah tersedia fasilitas penjumlahan secara otomatis, yaitu Auto Sum. Hanya dengan satu klik saja angka-angka dengan jumlah yang banyakpun bisa langsung diketahui hasilnya.
Cara menggunakan fungsi auto sum ini silahkan diikuti langkah-langkah berikut ini.
  1. Masukkan angka-angka atau data kedalam table atau sel-sel di lembar kerja ms excel. Seperti contoh gambar berikut ini.

    data

  2. Blok sel yang berisi angka-angka sampai pada sel dimana hasil penjumlahan akan ditampilkan, misalnya sampai pada baris JUMLAH.

    blok sel

  3. Setelah itu klik icon Auto Sum pada ribbon Home, group menu editing

    auto sum

  4. Maka hasil penjumlahan secara otomatis akan ditampilkan dengan akurat.

    hasil
Penjumlahan otomatis ini dapat dilakukan secara vertical atau kolom dan bisa juga dilakukan secara horizontal atau baris.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar